THIR13EN Headline Animator

Sunday, September 27, 2009

18 Jam Perjalanan dan 1.5 Tablet Antimo - Lebaran Part 2

Yep.. seperti yang gw bilang sebelumnya, liburan kali ini bakal beda, tapi lucunya semua ga terjadi di bumi perkemahan..
Malam itu, beberapa menit sebelum gw ke gereja untuk menata barang-barang yang akan dibawa, mama telpon ke hp…
“Jo.. Engkong udah ga ada…besok kita berangkat ke Comal ya, kamu ga usah berangkat SuperCamp..”
Shock.. kaget..
Opa gw meninggal dan gw harus berangkat ke Comal, Pekalongan besok paginya..

Perasaan gw campur aduk, semua jerih payah, rapat dan segala ide2 yang udah gw dedikasikan untuk acara kemping ini.. segala kesenangan dan canda tawa yang ada di bayangan gw semua ilang gitu aja.
Gw sebel gw ga jadi kemping..
Gw bingung mau ngomong apa sama temen2 panitia terutama seksi acara yang akan semakin kekurangan personil dan terpaksa bekerja ekstra tanpa gw..
Gw males jalan darat ke pekalongan pas hari H-1 dimana semua jalan akan disesaki arus mudik.
Terlebih lagi…
Gw sebel sama diri gw sendiri karena gw lebih mikirin acara kemping hura-hura dibanding engkong gw yang meninggal !
Bukannya gw ga sedih.. tapi toh gw dah jenguk sewaktu engkong sakit, kondisi beliau sudah sangat kritis sewaktu gw terakhir kali jenguk beberapa bulan yang lalu dan engkongpun sudah lupa sama cucu2nya termasuk gw.. singkat kata.. kita semua sudah cukup merelakan jika sewaktu-waktu Tuhan mengijinkan engkong ‘pergi’.
Tapi kenapa sekarang ?!?

Besok paginya gw masih belum bisa maafin diri gw sendiri karena masih tersisa ketidakrelaan gw ga ikut kemping.. Ditambah jalanan yang macet ajubilah, heran.. kalau semua orang udah tau setiap tahun setiap lebaran pasti jalanan semacet itu kenapa tetap saja orang mudik di hari yg sama ?! Daaaan… setelah melalui 18 Jam perjalanan dan 1.5 tablet Antimo, sampailah gw di Comal jam 2.30 pagi..

Hari pertama,
Gw sekeluarga ke rumah duka di Pekalongan.. peti mati sudah ditutup dan gw ga punya kesempatan untuk ngeliat jenazah engkong untuk terakhir kalinya.
Gw agak bingung waktu doa pertama pake hio, maklum, engkong masih Kong Hu Chu dan gw ga pernah tau tata cara sembahyang agama nenek moyang gw sendiri.. Keunikan itu ternyata berlanjut malamnya ketika diadakan upacara arwah dengan tata cara Budha, entah tiba-tiba datang darimana muncullah segerombolan sirkus (baca: pendeta dan aktifis-aktifis dari Wihara) untuk membawakan upacara arwah.
Upacara berlangsung dengan nyanyian2 doa Budhis yang sumpah gw ga ngerti artinya !! Gw cuma ngeliatin si pendeta wanita gondrong yang dengan penuh penghayatan membacakan nyanyian doa sambil megang mic... ( Gw jadi kangen karaoke =p )..
Gw bertanya-tanya dalam hati, gimana gw bisa menghayati doanya kalau gw aja ga ngerti artinya.. Gimana orang lain bisa ikut mendoakan kalau yang mengerti arti bahasa dan tata caranya hanya si rombongan sirkus itu? Padahal kita sekeluarga kan pingin ikut mendoakan engkong…
Apa gw paksain aja berdoa menurut kepercayaan gw ditengah lantunan suara si pendeta beserta alat-alat musik kelontongannya.. ? Apa nanti Tuhan gw sama Tuhan mereka ga berantem ya diatas sana ? sebenernya si engkong mau pergi ke surga yang mana ?
Gw memutuskan untuk mengalah dan kembali bengong ngeliatin si pendeta sekaligus heran,
Kok bisa ya dia menghayati dan apal doa-doa sakti dengan bahasa aneh itu sambil merem melek tanpa terpengaruh mata-mata liar kita sekeluarga besar yang entah punya pikiran yang sama seperti gw atau tidak ?

Malam itu juga gw dikejutkan dengan kedatangan dua teman baik SMA gw ( Jangan Tanya cowo apa cewe karena SMA gw sekolah Homogen )…
Bambam memang tinggal di Pekalongan dan gw sudah menyadari asal muasalnya sejak retret SMA, papanya dokterdan memiliki hubungan yang sangat baik dengan keluarga gw di Pekalingan, tapi yang bikin surprise adalah Suci, ternyata secara sangat kebetulan cwnya adalah orang Pekalongan dan dia pas ada di tempat.
Menyenangkan sekali bisa bertemu mereka justru di situasi dan kondisi yang tak terduga.
=)

Dan malam itu diakhiri dengan kita sekeluarga berkumpul.. seolah terbagi dua antara kubu anak dengan kubu cucu-cucu… gw sebagai cucu tertua dengan sukses melayani (baca: dikerjai) sepupu-sepupu yang lain terutama Marisa yang tanpa belas kasih selalu menjadikan pangkuan gw sebagai tempat parkirnya dan badan gw sebagai sansak hidupnya.

Gw sudah mulai merelakan supercamp.. ada keceriaan lain yang berbeda disini.. =)














Hari kedua , Engkong dikremasi.
Tidak banyak yang bisa diceritakan disini, sebelum dimasukkan ke lubang pembakaran, untuk kedua kalinya kita berdoa dipimpin kembali oleh para pendeta Wihara. Kali ini gw mencoba untuk lebih kushuk, kali ini gw mencoba untuk tidak terpengaruh oleh pesona si pendeta gondrong, kali ini pandangan gw tertuju ke emak…pandangannya tampak kosong, matanya selalu berair dan sesekali air matanya jatuh membasahi pipinya yang keriput termakan usia.. Saat itu gw sangat sedih ngeliat paras emak.. Suami yang selama lebih dari setengah abad menemani dia sekarang sudah tiada.
Ga banyak memori gw sama engkong, ga banyak momen-momen khusus yang gw laluin sama beliau, karena engkong bukanlah orang yang banyak bicara dan berekspresi, tidak seperti emak..
Namun engkong dikenal sebagai pribadi yang sangat santun, rendah hati, baik, dan sangat menyayangi anak dan cucu-cucunya.. sesekali saja engkong berbicara, namun itu cukup membuat siapapun yang mendengarnya tersenyum. Engkong selalu memberi warna dalam hidup kami sekeluarga dengan sentuhan khas kuas khas nasehat-nasehatnya.
Saat itu, untuk pertama kalinya, gw merasakan kehilangan engkong.. mata gw mulai berair..

Beberapa saat sebelum peti mati dimasukkan ke lubang pembakaran, papa sebagai anak tertua menyampaikan sepatah kata ucapan yang tidak bisa diselesaikannya.. belum pernah gw ngelihat papa menangis seperti itu…
Beruntung gw sedang memegang kamera saat itu..
Air mata yang ga kuat lagi gw tahan keluar semakin deras, dan gw semakin sibuk foto apa dan siapapun didepan gw, menyibukkan mata gw yg basah untuk tetap fokus melewati lensa kamera dan menyamarkan kesedihan gw dibaliknya…
















Hari ketiga,
Abu jenazah engkong disebar ke Laut…
Pagi itu kita kembali ke krematorium utk mengambil abu jenazah untuk disebar ke laut, yess.. kita naik kapal.. bukan kapal pesiar, kapal terbang apalagi kapal selam.. Cuma kapal nelayan biasa.. tapi sungguh sangat menyenangkan dan merupakan 20 menit pengalaman tak terlupakan. =)
Perjalanan ke tengah laut diisi sepenuh dengan acara foto2.. sesekali kamera mengarah ke birunya laut lepas, atau berusaha menangkap gambar lepasnya burung-burung camar yang ikut mengantarkan kepergian engkong.. =)
Selamat tinggal engkong..

Ga kerasa 4 hari gw melewati waktu bersama keluarga besar papa, berduka namun tidak melewatkan sedikitpun momen ceria bersama semua saudara. Bahkan emakpun terlihat sudah merelakan kepergian engkong dengan senyumnya, walaupun kadang masih terlihat larut dalam pikiran sepinya..
Gw bahkan sudah tidak memikirkan sedikitpun tentang Supercamp..

Ada duka… namun ada senyuman dibaliknya
Ada sepi.. namun mengumpulkan kembali keceriaan yang sudah lama hilang..
Ada rindu.. namun muncul kebahagiaan dan kerelaan untuk sesuatu yang lebih baik untuk orang yang dicintai…
Dan pada akhirnya… ada rasa syukur dan terima kasih.. sekali lagi.. untuk terakhir kalinya..
Engkau menorehkan sentuhan kuas terakhirmu Engkong tercinta..
=)

3 comments:

dedew said...

"selalu ada makna dibalik suatu kejadian"
wajar bila qta mengeluh diawal, krn spt manusia pd umumnya, egoisme selalu memenuhi hati dan pikiran qta....
tetapi yg terpenting adlh mensyukuri bhw qta msh diberi hati dan pikiran yg sehat utk menyadari hal tersebut.

naahhh... utk masalah Tuhan qta ama tuhan yg lain berantem ato nga diatas sana... I don't think so (mskpn g yakin ga bakal ada yg tau jwbannya sebnrnya)
klo g pribadi nih, g sih bakal berdoa mnrt kepercayaan g mskpn g sambil pegang hio... toh namanya berdoa, kan yg terpenting adlh iman dan hati qta (terserah de mo bilang g pengkhianat, yg ptg iman g nga berkhianat)

prinsip g klo ada mslh kematian spt ini adlh menghormati agama dan kepercayaan serta tata cara agama yg dianut oleh si ybs (yg meninggal maksudnya....) so klo qta sebagai keluarga diwajibkan ikut, yasu ikutin aja yg ptg adlh qta mendoakan mnrt iman qta bhw ybs tenang dan diterima diatas sana....

aduuuh...udah ahh udah.... comment nya jd ngebahas topik yg berat en abstract gini ^^'
comment sebnrnya:
ckckckck...two thumbs up buat Johan i^.^i (anggap huruf "i" nya jempol tangan yah, jgn kaki....)
spt yg prnh g bilang Jo, lu bakat koq jd penulis... amat bisa mendeskripsikan dgn baik lewat kata-kata shg pembaca dpt merasakan apa yg tjd en membuat pembaca spt mengalami kejadian tsb.
ayoooo... g dukung dirimu utk menjadi penulis (udah yah sekarang... buktinya ada blog ini ^^' - maksudnya adlh merambah jd penulis buku gt... hehehe)

keep up the good work ;)

Angela Roswita said...

kak, ga jadi ikut super campnya dong? anw si marci ikut tuh, marci sasa gerry chris,, oh iya ada ka alto juga keknya hahaha anw apa kabar kak?

timo said...

doa dengan bahasa apa, itu ga penting...

gue yakin yang diatas sana punya kamus elektronik yang super canggih. dalam arti Dia pasti ngerti lah apa yang kita omongin, even kita engga ngomong sekalipun.

setidaknya ini yang gue alami selama gue di Taize dan Manila. selama di Taize, lagu2 dinyanyikan kebanyakan dalam bahasa Perancis. selama di Manila, lagu2 dinyanyikan dalam bahasa Tagalog. apakah gue ngerti? sedikit. apakah gue tulus nyanyi dan doanya? ya.

agama apapun, bahasa apapun, ritual apapun itu hanya instrumen. tujuannya cuma satu.
menurut gue, yang penting prosesnya; tulus ga?

Recent Comments